Penulis / NIM
RAHMAT ABDULLAH / 111409104
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARYAM RAHIM, M.Pd / 0018075910
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. MARDIA BIN SMITH, S.Pd, M.Si / 0005125908
Abstrak
ABSTRAK
Rahmat Abdullah. 2013. Hubungan Antara Atmosfir Sekolah dengan Kecerdasan Emosional Siswa Kelas X di SMK Negeri 3 Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Bimbingan Dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dra. Maryam Rahim M.Pd. dan Pembimbing II, Dra. Mardia Bin Smith, S.Pd. M.Si.
Permasalahan yang dihadapi di SMK Negeri 3 Kota Gorontalo adalah adanya siswa yang kurang mampu untuk mengendalikan emosi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara atmosfir sekolah dengan kecerdasan emosional siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian korelasi antara variabel (Atmosfir Sekolah), dan variabel Y (Kecerdasan Emosional). Anggota populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 3 Kota Gorontalo yang berjumlah 453 orang yang terbagi dalam 17 kelas. Sedangkan yang menjadi anggota sampel adalah siswa kelas X yang berjumlah 68 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji korelasi. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan maka dapat disampaikan bahwa atmosfir sekolah sangat behubungan dengan kecerdasan emosional siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan diperoleh harga sebesar 0,91 dan r2 sebesar 0,828 atau 83%. Hal ini mengandung arti bahwa 83% kecerdasan emosional siswa dijelaskan oleh atmosfir sekolah. Sedangkan Uji signifikan koefisien korelasi memperoleh hasil t = 17,81, dan dari daftar distribusi t pada taraf nyata 5% diperoleh (66) = 2,00. Dari hasil perhitungan ini menggambarkan bahwa lingkungan sekolah sangat memiliki hubungan yang positif dengan kecerdasan emosional siswa. Dengan demikian disarankan Diharapkan kepada pihak sekolah untuk dapat menciptakan suasana lingkungan yang baik mulai dari lingkungan fisik sampai pada hubungan yang dibina oleh pihak-pihak y
Download berkas