Penulis / NIM
WAWAN ARDIN DAMISI / 111409108
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. WENNY HULUKATI, M.Pd / 0018095706
Pembimbing 2 / NIDN
MURHIMA A KAU, S.Psi, M.Si / 0030047303
Abstrak
ABSTRAK
Wawan Ardin Damisi, NIM. 111 409 108. Analisis Tentang Keterampilan Sosial Siswa Di SDN 1 Biluhu Tengah Kecamatan Biluhu Kabupaten Gorontalo. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Wenny Hulukati, M.Pd dan Pembimbing II Murhima Kau, S.Psi, M.Si. 2013
Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui keterampilan sosial siswa di SDN 1 Biluhu Tengah Kecamatan Biluhu Kabupaten Gorontalo. Sedangkan secara khusus bertujuan: 1) untuk mengetahui keterampilan sosial siswa dalam bekerja sama: membantu teman yang mengalami kesulitan,aktif dalam kelompok dan bekerja sama dalam kelompok 2) untuk mengetahui keterampilan sosial siswa dalam menyesuaikan diri: menyesuaikan diri dengan lingkungan baru mampu menyesuaikan diri dalam seting kelompok kecil dan siap ditempatkan dalam kelompok yang berbeda. 3) untuk mengetahui keterampilan sosial siswa dalam berinteraksi: mengajak teman bermain bersama berkomunikasi dengan baik dengan teman sebaya. 4) untuk mengetahui keterampilan sosial siswa dalam menaati aturan: seperti mengikuti seluruh prosedur baik dalam pembelajaran maupun permainan, menyelesaikan tugas belajar secara berurutan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah siswa Kelas VI SDN 1 Biluhu Tengah yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data utama menggunakan kuesioner, dan untuk data penunjang menggunakan observasi dan studi dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah melalui teknik persentase yang disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi. Selanjutnya data dianalisis berdasarkan jumlah skor pada kriteria pemberian skor yang masing-masing diberi nilai berdasarkan tingkat variabel dengan menggunakan distribusi frekuensi atau persentase.
Hasil penelitian diperoleh gambaran sebagai berikut: 1) Keterampilan sosial siswa Kelas VI SDN 1 Biluhu Tengah dalam bekerja sama berada pada kategori sedang; 2) Keterampilan sosial siswa Kelas VI SDN 1 Biluhu Tengah dalam menyesuaikan diri berada pada kategori sedang; 3) Keterampilan sosial siswa Kelas VI SDN 1 Biluhu Tengah dalam berinteraksi berada pada kategori sedang; 4) Keterampilan sosial siswa Kelas VI SDN 1 Biluhu Tengah dalam menaati aturan berada pada kategori tinggi.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa keterampilan sosial siswa sudah baik dalam bekerja sama, menyesuaikan diri, berinteraksi dan menaati aturan. Namun peneliti mengharapkan agar selain memberikan materi yang isinya pelajaran, guru dapat juga memberikan materi-materi berupa keterampilan dan kompetensi sosial dalam bekerja sama, menyesuaikan diri, berinteraksi, menaati aturan dan keterampilan sosial lainnya yang dapat menunjang peningkatan keterampilan sosial siswa.
Kata Kunci: Keterampilan Sosial
Download berkas