Penulis / NIM
FERAWATI HARUN. WALANGADI / 111409109
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. WENNY HULUKATI, M.Pd / 0018095706
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. MARDIA BIN SMITH, S.Pd, M.Si / 0005125908
Abstrak
ABSTRAK
Ferawati H. Walangadi. 2013. Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama Terhadap Kecenderungan Empati Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Bimbingan Dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dr. Wenny Hulukati, M.Pd. dan Pembimbing II, Dra. Mardia Bin Smith, S.Pd. M.Si.
Permasalahan yang dihadapi di SMP Negeri 2 Kota Gorontalo adalah adanya siswa yang mengalami masalah dengan empati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok teknik sosiodrama terhadap kecenderungan empati siswa melalui suatu eksperimen.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu, (quasi experiment) yang menggunakan desain “pretest-posttest”. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel X (Sosiodrama), dan variabel Y (Kecenderungan Empati). Anggota populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Gorontalo yang berjumlah 375 orang. Sedangkan yang menjadi anggota sampel adalah siswa kelas VIII berjumlah 15 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket. Angket yang disebarkan sebanyak dua kali yakni sebelum pemberian tindakan dan sesudah pemberian tindakan. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji t, dan untuk perbedaan hipotesis digunakan uji t.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka bimbingan kelompok teknik sosiodrama sangat tepat dilakukan untuk meningkatkan kecenderungan empati siswa. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil perhitungan kelompok eksperimen diperoleh harga t_hitung sebesar -2,87. Sedangkan dari daftar distribusi t pada taraf nyata 5% diperoleh t_0,975 (28) = 2,05. Jika dipersenkan besarnya pengaruh tersebut adalah 6%. Dari hasil perhitungan ini menggambarkan bahwa siswa sudah memiliki kecenderungan empati setelah mengikuti bimbingan kelompok teknik sosiodrama. Dengan demikian bimbingan kelompok teknik sosiodrama dapat menumbuhkan kecenderungan empati siswa. Artinya bahwa hipotesis bimbingan kelompok teknik sosiodrama berpengaruh terhadap kecenderungan empati siswa diterima.
Kata kunci : Teknik Sosiodrama, dan Empati.
Download berkas