Penulis / NIM
DITAPRADITA J. LAMADY / 111409118
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RENA MADINA, M.Pd / 0022075913
Pembimbing 2 / NIDN
IRVAN USMAN, S.Psi, M.Si / 0002077703
Abstrak
ABSTRAK
Ditapradita J. Lamady. 2013. Hubungan Antara Konsep Diri Akademik Dengan Penyesuaian Diri Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dra. Rena L. Madina, M.Pd dan Pembimbing II, Irvan Usman, S.Psi, M.Si.
Permasalahan yang dihadapi di SMP Negeri 2 Kota Gorontalo adalah adanya siswa yang kurang mampu dalam menyesuaikan diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri akademik dengan penyesuaian diri siswa.
Penelitian ini adalah penelitian korelasi yang menggunakan desain X - Y. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel X (Konsep Diri Akademik) dan variabel Y (Penyesuaian Diri). Anggota populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Gorontalo yang berjumlah 375 orang yang terbagi dalam 10 kelas. Sedangkan yang menjadi anggota sampel adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 75 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket. Angket yang disebarkan sebanyak satu kali. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis product moment yang terdiri dari uji validitas dan realibilitas data, uji normalitas data dan uji hipotesis.
Berdasarkan analisis statistik korelasional diperoleh nilai rxy = 0,988 dibandingkan dengan nilai ”r” product moment ternyata dk sebesar 73, pada taraf signifikansi 5% diperoleh rtabel = 0,207. Sedangkan hasil uji t, harga thitung¬ = 54,48 selanjutnya dibandingkan dengan harga ttabel untuk kesalahan 5% uji dua pihak dan dk=n-2= 75-2=73, maka diperoleh ttabel = 1,66. Ternyata harga thitung > tdaftar, atau harga t_(hitung )berada di luar daerah penerimaan H_0, sehingga dapat disimpulkan bahwa H_0 ditolak dan menerima H_1, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara konsep diri akademik dengan penyesuaian diri siswa.
Kata kunci : Konsep Diri Akademik, Penyesuaian Diri.
Download berkas