SKRIPSI

Penulis / NIM
HARLAN / 111409120
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. TUTI WANTU, M.Pd, Kons / 0016036105
Pembimbing 2 / NIDN
IRVAN USMAN, S.Psi, M.Si / 0002077703
Abstrak
Harlan. Nim. 111 409 120. Hubungan Antara Bimbingan Orang Tua Dengan Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 2 Kota Gorontalo. Jurusan Bmbingan Dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Tuti Wantu, Mpd, Kons Dan Pembimbing II Irvan Usman, S.PSi, M.Si. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat bimbingan orang tua dengan aktivitas belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Kota Gorontalo ?. Sedangkan tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara bimbingan orang tua dengan aktivitas belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional yakni mendeskripsikan hubungan antara bimbingan orang tua dengan aktivitas belajar siswa. Untuk mendapatkan data penelitian digunakan teknik angket, data " data tersebut dianalisis secara statistika. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa besarnya hubungan bimbingan orang tua (variabel X) terhadap aktivitas belajar siswa (variabel Y) sebesar 56,25. Dalam artian bahwa sebesar 56,25 % aktivitas belajar siswa (variabel Y) kelas VIII di SMP Negeri 2 Kota Gorontalo memiliki hubungan dengan bimbingan orang tua (variabel X). Sisanya 43,75 % ditentukan oleh faktor " faktor lain yang belum dirancang dalam penelitian ini, misalnya perhatian orang tua, motivasi orang tua, pengaruh lingkungan sekolah, cara mengajar guru dan fasilitas belajar yang menunjang proses kegiatan belajar siswa. Faktor " faktor tersebut pada dasarnya diluar jangkauan peneliti, sehingga secara tidak langsung hasil penelitian ini masih memberikan kemungkinan kepada orang lain untuk melanjutkan dengan melakukan peninjauan kembali dari aspek yang lainnya. Dengan demikian, maka penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang berbunyi "terdapat hubungan antara bimbingan orang tua dengan aktivitas belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Kota Gorontalo dinyatakan diterima. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan kepada orang tua sebaiknya dalam membimbing siswa dalam melakukan aktivitas belajar harus disesuaikan dengan karakteristik dan kebutuhan anak sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. Selain itu, diharapkan kepada orang tua agar selalu memberikan motivasi, kepada anak secara berkelanjutan, agar mereka dapat melakukan kegiatan belajar secara baik. Kata Kunci : Bimbingan Orang Tua Dan Aktivitas Belajar Siswa
Download berkas

ARSIP

2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011