SELVI M. LASENA / 111409124
Dra. MARYAM RAHIM, M.Pd / 0018075910
ABSTRAK
Selvi M. Lasena. 2013. Hubungan Kemandirian Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas X1 di SMA Negeri 1 Bongomeme Kabupaten Gorontalo . Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra.Hj. Maryam Rahim, M.Pd, dan pembimbing II Meiske Puluhulawa S.Pd. M.Pd.
Permasalahan yang menjadi fokus penelitian ini adalah, siswa yang prestasi belajarnya masih rendah, adapun rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat hubungan kemandirian belajar dengan prestasi belajar siswa kelas X1 di SMA Negeri 1 Bongomeme Kabupaten Gorontalo?” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar siswa.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Bongomeme Kabupaten Gorontalo, dengan Anggota populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X1 SMA Negeri 1 Bongomeme Kabupaten Gorontalo, tahun ajaran 2012/2013, yang berjumlah 268 siswa sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 40 orang siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional, yang terdiri dari dua variabel yaitu variabel X (Kemandirian Belajar) dan variabel Y (prestasi belajar). Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan studi dokumen.
Berdasarkan perhitungan korelasi antara variabel (X) dan (Y) diperoleh koefisien r = 0,79 dan r^2 = 0,62. Uji signifikan koefisien korelasi memperoleh hasil perhitungan diperoleh harga t hitung sebesar 7,98. Sedangkan dari daftar distribusi t pada taraf nyata 5% diperoleh t (0,975)(38)= 2,02. Ternyata harga t hitung lebih besar dari t daftar, atau harga t_(hitung )berada di luar daerah penerimaan H_0, sehingga dapat disimpulkan bahwa H_0 ditolak dan menerima H_1. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa koefisien korelasi signifikan.
Kata Kunci : Kemandirian Belajar dan Prestasi Belajar Siswa