Penulis / NIM
RATNA JUSUF / 111409139
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARYAM RAHIM, M.Pd / 0018075910
Pembimbing 2 / NIDN
MEISKE PULUHULAWA, S.Pd, M.Pd / 0031018301
Abstrak
ABSTRAK
Ratna Yusuf. 2013. “Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi Pada Siswa Kelas V SDN 5 Limboto Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo”. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. 2013.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Adapun yang melatarbelakangi penelitian ini adalah beberapa siswa banyak yang belum mampu berbicara dengan baik dan benar, siswa cenderung mendengarkan tanpa memberikan umpan balik pada proses pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara. Dalam arti apakah terdapat pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SDN 5 Limboto Kabupaten Gorontalo pada siswa kelas V tahun pelajaran 2012/2013.
Hasil penelitian pada siklus I diperoleh pada kategori baik sekali mencapai 44% atau 11 orang siswa yang mampu, kategori baik sekitar 6 orang siswa atau 24%, dan untuk kategori cukup 32% atau 8 orang siswa yang belum dapat berbicara sesuai lafal dan intonasi. Untuk tindakan siklus II kemampuan berbicara siswa meningkat pada kategori baik sekali mencapai 80% atau 20 orang siswa, kategori baik sekitar 4 orang siswa atau 16%, sedangkan kategori cukup tersisa 1 orang siswa atau 4% yang belum memiliki kemampuan berbicara. Dari hasil data diatas disimpulkan bahwa bimbingan kelompok teknik diskusi dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Dengan demikian hipotesis berbunyi: ”Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi dapat Meningkatkan Kemampuan Berbicara, dapat diterima”.
Kata kunci: Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi, Kemampuan Berbicar
Download berkas