SKRIPSI

Penulis / NIM
DEWI ANGRIANI SIPA BADI / 111409144
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. TUTI WANTU, M.Pd, Kons / 0016036105
Pembimbing 2 / NIDN
MURHIMA A KAU, S.Psi, M.Si / 0030047303
Abstrak
ABSTRAK Dewi Angriani Sipa Badi, 2013: Profil Kemandirian Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo, Jurusan Bimbingan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing (1) : Dra. Tuti Wantu, M.Pd.Kons, (2) Murhima A. Kau, S.Psi. M.Si Salah satu bentuk lembaga pendidikan adalah sekolah. Sekolah sebagai suatu lembaga formal yang berperan dalam membantu siswa untuk mencapai tugas-tugas perkembangan yang lebih tinggi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui profil kemandirian siswa di SMA Negeri 1 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, dengan maksud untuk menggambarkan profil kemandirian siswa aktivitas belajar di SMA Negeri 1 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo sesuai apa adanya, dan tidak digeneralisasikan untuk berlaku umum, sehingga lebih bersifat survei atau studi pendahuluan. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa yang berjumlah 403 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah 121 orang. Berdasarkan hasil pengolahan data maka disimpulkan bahwa profil kemandirian belajar siswa memiliki skor rata-rata 74% dengan kualitas yang cukup yang diperoleh dari indikator sebagai berikut (1) Kemandirian siswa dalam aktivitas belajar diperoleh skor sebesar 74% dengan kategori yang cukup, (2) Faktor faktor eksternal jauh lebih kuat pengaruhnya terhadap kemandirian belajar siswa dibandingkan dengan faktor intenal dengan rata-rata skor capaian 70% dengan kategori yang cukup.Hasil pengamatan pada siswa di SMA Negeri 1 Telaga Biru menunjukkan bahwa siswa belum mandiri dalam melaksanakan aktivitas belajar yang dicirikan yaitu kurang memanfaatkan waktu belajar secara optimal, kurang memiliki rasa percaya diri siswa dalam aktivitas belajar, sebagian besar siswa memiliki hasil belajar yang rendah keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar di kelas masih tergolong rendah, kurangnya kemandirian belajar siswa, kurangnya inisiatif diri siswa untuk mencari konsep-konsep baru tentang materi yang berhubungan dengan pembelajaran. Kata Kunci:
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011