Penulis / NIM
HASTUTY DATAU / 111409160
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. TUTI WANTU, M.Pd, Kons / 0016036105
Pembimbing 2 / NIDN
MURHIMA A KAU, S.Psi, M.Si / 0030047303
Abstrak
ABSTRAK
HASTUTY DATAU. NIM. 111 409 160. Meningkatkan Perilaku Sopan santun Siswa Melalui Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi Di SMP Negeri 1 Tibawa. SKRIPSI. Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. 2013. Pembimbing 1. Dra. Hj. Tuti Wantu, M.Pd, Kons dan Pembimbing 2. Murhima A. Kau, S.Psi, M.Psi.
Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya perilaku sopan santun di SMP Negeri 1 Tibawa yang akan diupayakan peningkatannya melalui layanan bimbingan kelompok. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan perilaku sopan santun di SMP Negeri 1 Tibawa melalui bimbingan kelompok teknik diskusi.
Metode yang digunakan pada penelitian ini yakni metode Penelitian Tindakan Kelas untuk meningkatkan perilaku sopan santun siswa melalui layanan bimbingan kelompok teknik diskusi di SMP Negeri 1 Tibawa. Adapun teknik pengumpulan data dan observasi di SMP Negeri 1 Tibawa Kabupaten Gorontalo, teknik analisis data menggunakan persentase kuantitatif.
Dari hasil pelaksanaan observasi awal diperoleh data bahwa 16 orang siswa atau 47,2% pada ktiteria mampu berperilaku sopan santun, meningkat menjadi 17 orang siswa atau 55,9%, pada pelaksanaan siklus II meningkat menjadi 24 orang siswa atau 71,3% dan pada pelaksanaan siklus III meningkat menjadi 27 orang siswa atau 77,9%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan perilaku sopan santun siswa. Melihat keberhasilan dari pelaksanaan penelitian ini maka hipotesis yang menyatakan “Jika digunakan layanan bimbingan kelompok, maka perilaku sopan antun di SMP Negeri 1 Tibawa dapat ditingkat diterima”.
Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Perilaku Sopan Santun
Download berkas