Penulis / NIM
NURHAYATI SALEH / 111409162
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARYAM RAHIM, M.Pd / 0018075910
Pembimbing 2 / NIDN
IRVAN USMAN, S.Psi, M.Si / 0002077703
Abstrak
ABSTRAK
Nurhayati Saleh, 111 409 162. Meningkatkan Kemampuan Berinteraksi Dengan Bahasa Indonesia Baku Melalui Teknik Diskusi Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas VIII.A MTs Al-Yusra Gorontalo. Skripsi Jurusan Bimbingan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Dra. Ha. Maryam Rahim, M.Pd, Pembimbing II : Irvan Usman, S.PSi, M.Si.
Penelitian ini bertolak dari rendahnya kemampuan siswa berinteraksi dengan bahasa Indonesia baku yaitu siswa tidak mampu menggunakan kata/kalimat,intonasi dan lafal dengan bahasa Indonesia baku. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa berinteraksi dengan bahasa Indonesia baku pada siswa kelas VIII.A MTs Al-Yusra Gorontalo.
Subyek yang dikenakan tindakan adalah 18 siswa kelas VIII.A MTs Al-Yusra Gorontalo Tahun Pelajaran 2011-2012. Indikator kinerja yang ditetapkan adalah 16 dari 18 siswa atau 88,88% kemampuan siswa berinteraksi dengan bahasa Indonesia baku meningkat.
Hasil penelitian pada siklus II menunjukkan bahwa 16 siswa atau 88,88% mampu berinteraksi dengan bahasa Indonesia baku. Hasil ini menunjukkan bahwa pelaksanaan tindakan pada siklus II telah mencapai indikator kinerja yang telah ditetapkan.
Dengan capaian ini berarti hipotesis yang dirumuskan yakni jika digunakan layanan bimbingan kelompok teknik diskusi, maka kemampuan siswa berinteraksi dengan bahasa Indonesia baku akan meningkat, dinyatakan dapat diterima.
Kata Kunci : Berinteraksi Dengan Bahasa Indonesia Baku, Layanan Bimbingan Kelompok.
Download berkas