Penulis / NIM
JAID HAMID / 111410006
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. TUTI WANTU, M.Pd, Kons / 0016036105
Pembimbing 2 / NIDN
MURHIMA A KAU, S.Psi, M.Si / 0030047303
Abstrak
ABSTRAK
JAID HAMID. "Profil Konsep Diri Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kota Gorontalo" Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Di bawah bimbingan Dra. Hj. Tuti Wantu M.Pd, Kons selaku pembimbing I dan Murhima A. Kau S.Psi, M.Si selaku pembimbing II.
Tujuan mengadakan penelitian ini adalah untuk mengetahui profil konsep diri siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kota Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan analisis presentase. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 350 siswa, dan yang menjadi sampel pada penelitian ini berjumlah 53 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah secara random. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa profil konsep diri siswa dengan indikator diri identitas berada pada kategori konsep diri positif 79.84%, indikator diri pelaku berada pada kategori konsep diri positif 83.15%, indikator diri penilai berada pada kategori konsep diri positif 84.15%, indikator diri fisik berada pada kategori konsep diri positif 80.07%, indikator diri etik-moral berada pada kategori konsep diri positif 85.14%, indikator diri pribadi berada pada kategori konsep diri positif 83.39% indikator diri keluarga berada pada kategori konsep diri positif 88.50%, indikator diri sosial berada pada kategori konsep diri positif 79.84. Dengan demikian dapat disimpulkan secara keseluruhan bahwa profil konsep diri siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Kota Gorontalo secara mayoritasnya memiliki konsep diri positif.
Kata Kunci: Konsep Diri
Download berkas