Penulis / NIM
MARNI FOLAIMAM / 111410008
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
MURHIMA A KAU, S.Psi, M.Si / 0030047303
Pembimbing 2 / NIDN
IRVAN USMAN, S.Psi, M.Si / 0002077703
Abstrak
ABSTRAK
Marni Folaimam. 2014. Analisis tentang Penyesuaian Diri Siswa Kelas VII MTs Negeri Gorontalo. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Murhima A. Kau, S.Psi, M.Si, Psi dan pembimbing II Irvan Usman, S.Psi, M.Si.
Penyesuaian diri merupakan kemampuan siswa untuk bereaksi secara efektif dalam membangun hubungan yang sehat, bertanggungjawab dalam menghadapi segala situasi yang terjadi di dalam diri dan bersosialisasi serta berinteraksi dengan lingkungannya sehari-hari. Permasalahan yang menjadi fokus penelitian ini adalah bagaimana penyesuaian diri siswa kelas VII MTs Negeri Gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penyesuaian diri siswa kelas VII MTs Negeri Gorontalo.
Penelitian ini dilaksanakan di MTs Negeri Gorontalo. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Negeri Gorontalo tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 321 siswa sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII yang berjumlah 32 orang siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif untuk menganalisis penyesuaian diri siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket sedangkan observasi dan wawancara sebagai pelengkap dan teknik analisis data yang digunakan ialah analisis persentase.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa penyesuaian diri siswa kelas VII MTs Negeri Gorontalo pada penyesuaian pribadi dengan persentase 84% dan penyesuaian sosial dengan persentase 80%. Demikian dapat disimpulkan secara keseluruhan bahwa terdapat 82% siswa kelas VII MTs Negeri Gorontalo yang memiliki penyesuaian diri yang baik.
Kata Kunci : Penyesuaian Diri Siswa
Download berkas