Penulis / NIM
KAMARUDIN SINEN / 111410010
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARYAM RAHIM, M.Pd / 0018075910
Pembimbing 2 / NIDN
MEISKE PULUHULAWA, S.Pd, M.Pd / 0031018301
Abstrak
ABSTRAK
Kamarudin Sinen. 2014. "Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Bibliokonseling Terhadap Etika Pergaulan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Gorontalo". Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Maryam Rahim M.Pd dan Pembimbing II Meiske Puluhulawa M.Pd.
Permasalah yang dihadapi siswa SMP Negeri 1 Kota Gorontalo yakni siswa kurang memahami tentang etika pergaulan yang baik, siswa belum mampu menerapkan cara beretika yang baik di dalam lingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat, siswa kurang menghargai guru yang sedang mengajar di depan kelas, siswa belum mampu menjalin hubungan yang baik antara sesama teman sebayanya dan juga di bawah umur mereka atau dalam hal ini adik-adik mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok teknik bibliokonseling terhadap etika pergaulan siswa.
Penelitian ini adalah penelitian ekperimen semu yang menggunakan "one group pre-test and post-test design". Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel X (bimbingan kelompok teknik bibliokonseling) dan variabel Y (etika pergaulan siswa). Anggota populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Gorontalo yang berjumlah 271 orang yang terbagi dalam 8 kelas. Sedangkan yang menjadi anggota sampel 15 orang (mengunakan batas sampel minimal penelitian eksprimen). Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara random sampling. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket, angket yang disebarkan sebanyak dua kali yakni sebelum pemberian tindakan dan sesudah pemberian tindakan. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji t.
Dari hasil perhitungan diperoleh harga thitung = 6,058. Sedangkan dari daftar distribusi t pada taraf 5% diperoleh ttabel = 2,048, hal ini berarti bahwa hipotesis yang berbunyi teknik bibliokonseling berpengaruh terhadap etika pergaulan siswa, dapat diterima. Berdasarkan hasil penelitian maka teknik bibliokonseling sangat tepat dilakukan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang etika pergaulan.
Kata kunci: Teknik Bibliokonseling, Etika Pergaulan Siswa
Download berkas