Penulis / NIM
NURISANI NASER / 111410011
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARYAM RAHIM, M.Pd / 0018075910
Pembimbing 2 / NIDN
MEISKE PULUHULAWA, S.Pd, M.Pd / 0031018301
Abstrak
ABSTRAK
Nurisani Naser. 2014. Analisis Pencapaian Tugas-Tugas Perkembangan Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Gorontalo. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Maryam Rahim, M.Pd dan Pembimbing II Meiske Puluhulawa, M.Pd.
Tugas-tugas perkembangan adalah suatu tugas yang muncul pada setiap fase perkembangan yang mencakup semua aspek perkembangan yang harus diselesaikan oleh individu pada fase tersebut. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pencapaian tugas-tugas perkembangan siswa kelas X SMK Negeri 3 Gorontalo.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif untuk mendeskripsikan pencapaian tugas-tugas perkembangan remaja. Anggota populasi adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 3 Gorontalo yang berjumlah 452 siswa, anggota populasi 113 orang. Teknik pengumpulan data menggunaka Inventori Tugas Perkembangan (ITP).
Berdasarkan analisis inventori tugas perkembangan siswa kelas X SMK Negeri 3 Gorontalo dari 11 aspek tugas perkembangan mencapai rata-rata tingkat perkembangan 4.55, yang berarti bahwa siswa kelas X SMK Negeri 3 Gorontalo berada pada tahap Tingkat Sadar Diri dengan ciri-ciri: mampu berpikir alternatif, melihat harapan dan berbagai kemungkinan dalam situasi, peduli untuk mengambil manfaat dari kesempatan yang ada, orientasi pemecahan masalah, memikirkan cara hidup, serta penyesuaian terhadap situasi dan peranan.
Dengan demikian pencapaian tugas perkembangan siswa kelas X SMK Negeri 3 Gorontalo berada dalam kategori baik.
Kata kunci : Tugas-tugas Perkembangan Remaja, Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Gorontalo
Download berkas