Penulis / NIM
SAZMITHA BAKRI / 111410020
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARYAM RAHIM, M.Pd / 0018075910
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. MARDIA BIN SMITH, S.Pd, M.Si / 0005125908
Abstrak
Sazmitha Bakri, 2014. Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dengan Kreativitas Berpikir Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Kabila Bone. Skripsi. Gorontalo. Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Maryam Rahim, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Mardia Bin Smith, S.Pd, M.Si.
Permasalahan yang menjadi fokus penelitian ini adalah rendahnya kreativitas berpikir siswa. Adapun identifikasi masalah dalam penelitian ini yaitu kurangnya kemampuan siswa dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru dengan menggunakan caranya sendiri atau hanya dengan melihat pekerjaan teman serta pola asuh orang tua belum memberikan kesempatan pengembangan kreativitas berpikir anak.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kabila Bone, dengan anggota populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 1 Kabila Bone, tahun ajaran 2013/2014, yang berjumlah 64 siswa, sedangkan jumlah sampel dalam penelitian ini diambil dari jumlah seluruh anggota populasi yang berjumlah 64 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional, yang terdiri dari dua variabel yaitu variabel X (Pola Asuh Orang Tua) dan variabel Y (Kreativitas Berpikir Siswa). Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, teknik analisis data yang digunakan ialah analisis Product Moment yang terdiri dari uji validitas dan reliabilitas data, uji normalitas data dan uji hipotesis.
Berdasarkan analisis statistik korelasional antara variabel pola asuh orang tua (X) dan kreativitas berpikir (Y) diperoleh koefisien r = 0,975 dan r2 = 0,95. hasil perhitungan tersebut mengandung makna bahwa derajat hubungan antara variabel X dan Y sebesar 95%. Dalam hal ini bahwa 95% variasi yang terjadi pada variabel Y dapat dijelaskan oleh variabel X. Uji signifikan koefisien korelasi memperoleh hasil perhitungan diperoleh harga t hitung sebesar 49.87. Sedangkan dari daftar distribusi t pada taraf nyata 5% diperoleh t (0,975)(62)= 2,00. Ternyata harga t hitung lebih besar dari t daftar, atau harga thitung berada di luar daerah penerimaan H0, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan menerima H1. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara pola asuh orang tua dengan kreativitas berpikir siswa.
Kata Kunci : Pola Asuh Orang Tua dan Kreativitas Berpikir Siswa
Download berkas