Penulis / NIM
RONAL ILIYA / 111410022
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RENA MADINA, M.Pd / 0022075913
Pembimbing 2 / NIDN
IRVAN USMAN, S.Psi, M.Si / 0002077703
Abstrak
ABSTRAK
Ronal Iliya. 111410022. Deskripsi Faktor-faktor yang Menyebabkan Rendahnya Kemampuan Interaksi Sosial Siswa SMK Negeri 1 Kota Gorontalo. Skripsi jurusan bimbingan dan konseling Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dra.Hj.Renal L Madina, M.Pd dan pembimbing 2 Irvan Usman, S.Pi, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penyebab rendahnya kemampuan interaksi sosial siswa SMK Negeri 01 Kota Gorontalo yang dilihat dari factor a)imitasi, b) sugesti, c) identifikasi, d) simpati. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis presentase. Teknik yang diguanakan untuk memperoleh data yang valid peneliti menggunakan teknik angket sebagai teknik utama dan observasi dan wawancara sebagai pelengkap, dan teknik uji coba instrumen menggunakan uji validitas, uji reabilitas, serta teknik analisis presentase yaitu untuk mengetahui hasil sebaran angket seluruh responden.
Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya kemampuan interaksi social siswa kelas 1 smk negeri 1 gorontalo dari hasil persentase tedapat 46.2% faktor imitasi, 55.2% faktor segesti, 30.6% faktor identifikasi, 62.5% faktor simpati.
Saran-saran: a) untuk pihak sekolah agar lebih memperhatikan kemampuan interaksi social siswa disekolah, b) untuk peran guru bimbingan dan konseling ini dpat dijadikan sebagai acuan untuk lebih memperhatikan tingkat pekerkembangan interaksi social di sekolah. c) untuk para siswa agar lebih cerdas dalam berinteraksi, terutama dalam berinteraksi social.
Kata kunci : rendahnya interaksi social siswa
Download berkas