Penulis / NIM
YAYUK HARUN / 111410023
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. WENNY HULUKATI, M.Pd / 0018095706
Pembimbing 2 / NIDN
IRVAN USMAN, S.Psi, M.Si / 0002077703
Abstrak
Abstrak
Yayuk Harun. 2014. Deskripsi Perencanaan Karir Pada Siswa SMK Negeri 2 Gorontalo. Skripsi, Jurusan Bimbingan Dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dr. Hj. Wenny Hulukati M.Pd. dan Pembimbing II, Irvan Usman, S.psi, M.si. Permasalahan yang dihadapi di SMK Negeri 2 Gorontalo adalah adanya siswa yang mengalami masalah dengan perencanaan karir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana perencanaan karir siswa. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Anggota sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI yang terdiri dari 5 jurusan diantaranya jurusan akomodasi perhotelan, jasa boga, kecantikan, busana butik dan TPHP (teknologi hasil pertanian) yang berjumlah 174 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara proportional random sampling. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data utama adalah angket, sedangkan observasi adalah teknik pendukung. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis menggunakan analisis data persentase. Dari hasil analisis data persentase menunjukkan bahwa perencanaan karir siswa dengan aspek pemahaman diri tentang minat dan bakat yang terkait dengan pekerjaan dengan persentase 87.45%, memiliki sikap positif terhadap dunia kerja dengan persentase 87.47%, kemampuan untuk membentuk identitas karir dengan cara mengenali ciri-ciri pekerjaan dengan persentase 307.31%, dan memiliki kemampuan merencanakan masa depan dengan persentase 87.61%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa deskripsi perencanaan karir pada siswa SMK Negeri 2 kota gorontalo yang paling dominan adalah memiliki kemampuan merencanakan masa depan yang meliputi merancang kehidupan secara rasional untuk memperoleh peran-peran yang sesuai dengan minat, serta dapat memperkuat kemampuan yang dimiliki untuk meraih masa depan yang dicita-citakan. Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan: (a) Diharapkan Guru Bimbingan dan Konseling (BK) harus memperhatikan faktor yang mempengaruhi perencanaan karir siswa baik faktor kepribadian, keluarga, dan lingkungan. (b) Diharapkan siswa mampu merencanakan karir untuk kedepannya dengan baik sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki terkait dengan jurusan yang dipilih saat ini.
Kata Kunci : Perencanaan Karir.
Download berkas