Penulis / NIM
TAIB GULA / 111410030
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARYAM RAHIM, M.Pd / 0018075910
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. MARDIA BIN SMITH, S.Pd, M.Si / 0005125908
Abstrak
ABSTRAK
Masalah dalam penelitian ini adalah pelaksanaan pengajaran remedial pada mata pelajaran matematika bagi siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Gorontalo, dan tujuan Penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan pengajaran remedial dalam mata pelajaran matematika pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif satu variabel, dimaksudkan untuk mengetahui pelaksanaan pengajaran remedial dalam mata pelajaran matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Gorontalo dengan populasi siswa kelas VIII yang berjumlah 227 siswa, anggota sampel sebanyak 15% atau 34 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dan wawancara. Data dianalisis dengan menggunakan analisis persentase. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan pengajaran remedial dalam mata pelajaran matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Gorontalo pada indikator : (1) waktu pelaksanaan sebesar 58,09%, (2) metode yang digunakan sebesar 64,08%, (3) media yang dipergunakan sebesar 59,59%, dan (4) prosedur evaluasi sebesar 58,58% belum optimal. Hasil penelitian ini juga menggambarkan bahwa pelaksanaan pengajaran remedial pada mata pelajaran matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Gorontalo secara umum berada pada kriteria yang sedang, dalam arti pelaksanaan pengajaran remedial pada mata pelajaran matematika bagi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Gorontalo belum optimal. Sehingga perlu pengawasan serta perhatian dari pihak-pihak yang terkait sangat dibutuhkan guna untuk peningkatan yang lebih lanjut lagi.
Kata Kunci: Pelaksanaan Pengajaran Remedial Matematika pada Siswa
Download berkas