Penulis / NIM
LIDIA DEWI SISWARI KIAYI / 111410036
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. TUTI WANTU, M.Pd, Kons / 0016036105
Pembimbing 2 / NIDN
IRPAN A KASAN, S.Ag, M.Pd / 0008067506
Abstrak
ABSTRAK
Lidia Dewi Siswari Kiayi. 2014. Pengaruh Bimbingan Klasikal Pemahaman
Layanan Bimbingan dan Konseling pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 12
Gorontalo.Skripsi.Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan.
Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Tuti Wantu, M.Pd, Kons dan
Pembimbing II Irpan Kasan, S.Ag, M.Pd.
Permasalahan yang dihadapi siswa di SMP Negeri 12 Gorontalo khususnya siswa
kelas VII adalah pemahaman tentang layanan bimbingan dan konseling pada
siswa yang ditandai dengan belum memahami arti bimbingan dan konseling,
prinsi-prinsip Bimbingan dan Konseling, fungsi Bimbingan dan Konseling, tujuan
Bimbingan dan Konseling, asas-asas Bimbingan dan Konseling. Sehingga dalam
penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman bimbinga dan konseling
pada siswa.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yaitu untuk meningkatan pemahaman
bimbingan dan konseling pada siswa kelas VII di SMP Negeri 12
Gorontalo.Anggota sampel di dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII yang
berjumlah 300 orang siswa.Tehnik yang digunakan untuk pengambilan sampel
tersebut yaitu secara purposive sampling atau pengambilan sampel bedasarkan
tujuan sehingga mendapat 30 orang siswa.Tehnik yang digunakan untuk
pengumpulan data utama adalah angket, sedangkan observasi dan wawancara
adalah sebagai pelengkap atau pendukung. Bedasarkan hasil hipotesis, dimana
harga thitung sebesar 48.21909 dari daftar distribusi t pada taraf nyata 5% diperoleh
t(0.975) (4) = 2.78. Ternyata harga thitung memperoleh harga lain, atau harga thitung
telah berada di luar daerah penerimaan H0, sehingga disimpulkan bahwa H0
ditolak dan menerima H1.Sehingga Penelitian eksperimen semu (Quasi
Eksperiment) dengan hipotesis "Pengaruh Bimbingan Klasikal terhadap
Pemahaman Layanan Bimbingan dan Konseling pada Siswa " ini dapat
diterima.Penelitian ini diharapkan agar menjadi pedoman untuk meningkatkan
pemahaman bimbingan dan konseling.
Kata Kunci : Pemahaman Bimbingan dan Konseling
Download berkas