Penulis / NIM
SITI MAYSARAH HIPPY / 111410044
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARYAM RAHIM, M.Pd / 0018075910
Pembimbing 2 / NIDN
IRPAN A KASAN, S.Ag, M.Pd / 0008067506
Abstrak
ABSTRAK
Siti Maysarah Hippy. 2014. Deskripsi Kompetensi Kepribadian Guru Bimbingan dan Konseling Di SMA Se Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, (Dra. Hj. Maryam Rahim M,Pd) dan pembimbing II (Irpan.A Kasan, S.Ag, M.Pd).
Permasalahan yang dihadapi Guru BK di SMA Se Kota Gorontalo tidak terlepas dari kompetensi kepribadian yang harus diperhatikan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang Kompetensi kepribadian Guru BK di SMA Se Kota Gorontalo.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang terdiri dari satu variabel yaitu (Kompetensi Kepribadian) dengan sampel penelitian sejumlah 15 orang Guru BK dari jumlah populasi 15 orang Guru BK di SMA Se Kota Gorontalo. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, sedangkan observasi sebagai teknik pelengkap. Teknik analisis data menggunakan teknik uji validitas dan reliabilitas instrument dan analisis persentase.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kompetensi kepribadian Guru BK sangat tinggi yang terdiri dari (1) indicator beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa 90,66 % (2) kepribadian yang berakhlak mulia dan berbudi pekerti luhur 94,66 % (3) menampilkan pandangan positif dan dinamis tentang manusia sebagai makhluk sosial spiritual, bermoral, sosial, individual, dan berpotensi terdapat 84,39 % (4) Menampilkan tindakan yang cerdas, kreatif, inovatif, dan produktif 90,28%. Dengan demikian kompetensi kepribadian guru bimbingan dan konseling sangat tinggi.
Kata Kunci: Kompetensi Kepribadian Guru Bimbingan dan Konseling
Download berkas