Penulis / NIM
MARLINA HUSAIN / 111410046
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. WENNY HULUKATI, M.Pd / 0018095706
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. RUSTAM I HUSAIN, M.Pd / 0005077506
Abstrak
ABSTRAK
Marlina Husain. 2014. Deskripsi faktor-faktor penyebab perilaku menyontek pada siswa kelas III SDN 59 Kecamatan Dumbo Raya Kota Gorontalo. Program Studi Bimbingan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Wenny Hulukati, M.Pd., dan Pembimbing II Dr. Rustam Husain, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah berdasarkan latar belakang masalah diatas, rumusan masalah yang akan menjadi fokus penelitian adalah faktor-faktor apa saja yang menjadi penyebab perilaku menyontek pada siswa kelas III SDN 59 Kecamatan Dumbo Raya Kota Gorontalo.
Metode Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deksriptif. Teknik Pengumpulan Data yaitu Angket, Wawancara dan Dokumentasi.
Faktor siswa merupakan penyebab siswa menyontek di SDN No. 59 Dumbo Raya masalah siswa masih ragu dalam mengerjakan soal yang diberikan guru. Konsep diri yang positif dapat membantu seseorang untuk meningkatkan kepercayaan terhadap dirinya sehingga dapat memotivasi seseorang untuk dapat menjadi lebih baik lagi. Penyebab siswa menyontek karena proses kegiatan mengajar tidak dimengerti oleh siswa. Hal ini tentunya merupakan refleksi bagi guru dalam kegiatan belajar mengajar.
Faktor orangtua dan keluarga dalam hal penyebab siswa menyontek dilator belakangi oleh paksaan agar anak memperoleh nilai tinggi dalam pelajaran. Faktor sistem pendidikan berkenaan dengan Muatan dalam kurikulum yang ada sering terjadi tumpang tindih antara satu jenjang ke jenjang lainnya menyebabkan siswa menyontek. Buku yang menjadi sumber belajar siswa sering mengalami perubahan sehingga soal yang disusun guru pun diambil dari buku lainnya. Hal ini menyebabkan siswa menyontek.
Kata Kunci : Perilaku Menyontek
Download berkas