Penulis / NIM
REYSTA LIONU / 111410055
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARYAM RAHIM, M.Pd / 0018075910
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ABDUL KADIR HUSAIN, M.Pd, Kons / 0016115606
Abstrak
ABSTRAK
Reysta Lionu. 2017. Deskripsi Kecerdasan Emosional Peserta Didik Di SMP Negeri 09 Kota Gorontalo. Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dra. Hj. Maryam Rahim M.Pd, dan Pembimbing II: Dr. Abd. Kadir Husain, M.pd, Kons.
Permasalahan yang menjadi fokus penelitian ini adalah bagaimana deskripsi kecerdasan emosional peserta didik di SMP Negeri 09 Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif satu variabel, dimaksudkan untuk mengetahui Gambaran kecerdasan emosioanal peserta didik di SMP Negeri 09 Gorontalo dengan berjumlah 130 orang dijadikan sampel sebanyak 25% atau 32 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dan di analisis menggunakan analisis persentase
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kecerdasan emosinal peserta didik pada indikator (1) Membina Hubungan yang memperoleh hasil 77,15%, indikator (2) Memanfaatkan emosi secara produktif yang memperoleh hasil sebesar 76,95%, indikator (3) Mengelola emosi yang memperoleh hasil sebesar 80,08%, indikator (4) Empati yang memperoleh hasil sebesar 77,90%. indikator (5) Kesadaran diri yang memperoleh hasil sebesar 80,08%.
Berdasarkan hasil kelima indikator di atas maka dapat di tarik kesimpulan bahwa indikator kesadaran diri memperoleh hasil persentase sebesar 75,09%. indikator mengelola emosi memperoleh hasil persentase sebesar 80,08%. Indikator memanfaatkan emosi secara produktif memperoleh hasil persentase sebesar 76,95%. Indikator empati memperoleh hasil persentase sebesar 77,90%. Sedangkan indikator membina hubungan memperoleh hasil persentase sebesar 77,15%. Demikian dapat disimpulkan bahwa yang paling tertinggi adalah indikator mengelola emosi yaitu sebesar 80,08%.
Kata Kunci: Kecerdasan Emosional Peserta Didik
Download berkas