Penulis / NIM
YULISTYA A. MOODUTO / 111410056
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RENA MADINA, M.Pd / 0022075913
Pembimbing 2 / NIDN
MEISKE PULUHULAWA, S.Pd, M.Pd / 0031018301
Abstrak
ABSTRAK
Yulistya A. Mooduto. 2014. Deskripsi Pelaksanaan Layanan Informasi di SMA Negeri 4 Gorontalo. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Rena L. Madina, M.Pd dan pembimbing II Meiske Puluhulawa, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan layanan informasi di SMA Negeri 4 Gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara pasti sejauh mana pelaksanaan layanan informasi dan kendala-kendala yang ada dalam pelaksanaan layanan informasi.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif untuk mengetahui secara pasti sejauh mana pelaksanaan layanan informasi di SMA Negeri 4 Gorontalo dan kendala-kendala yang ada dalam pelaksanaan layanan informasi. Penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara secara langsung dengan tiga orang guru bimbingan dan konseling dan juga dua orang siswa. Adapun aspek yang diwawancara antara lain tentang materi layanan informasi, metode layanan informasi dan faktor penghambat layanan informasi. Observasi dan dokumentasi sebagai pendukung dalam melengkapi data di lapangan.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pelaksanaan layanan informasi di SMA Negeri 4 Gorontalo sudah berjalan dengan baik, hal tersebut terlihat dari upaya guru dalam bimbingan dan konseling dalam melaksanakan layanan informasi, meskipun masih terdapat beberapa kendala/hambatan dalam pelaksanaannya, seperti materi yang diberikan lebih kepada materi belajar, dan juga metode yang selalu digunakan yaitu metode ceramah sehingga membuat sebagian siswa merasa jenuh, serta kendala lain yang terlihat adalah tidak adanya jam khusus untuk bimbingan dan konseling di SMA Negeri 4 Gorontalo. Untuk itu diperlukan persiapan yang matang dalam pelaksanaan layanan informasi, agar supaya pelaksanaan layanan tersebut dapat berjalan dengan maksimal.
Kata kunci: Pelaksanaan Layanan Informasi
Download berkas