Penulis / NIM
LINDA DALI / 111410058
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. WENNY HULUKATI, M.Pd / 0018095706
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. MARDIA BIN SMITH, S.Pd, M.Si / 0005125908
Abstrak
ABSTRAK
Linda Dali, 2014. Deskripsi Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa kelas VIII SMP Negeri 07 Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Wenny Hulukati, M.Pd dan Pembimbing II Dra.. Hj. Mardia Bin Smith S,Pd M.Si
Permasalahan dalam penelitian adalah rendahnya hasil belajar siswa di SMP Negeri 07 Kota Gorontalo, penelitian ini bermaksud untuk mengetahui faktor-faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa di SMP Negeri 07 Kota Gorontalo
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif satu variabel, yang menggabarkan secara sistematis tentang deskripsi faktor-faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa pada kelas VIII di SMP Negeri 07 Kota Gorontalo. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dan dianalisis menggunakan analisis persentase. Hasil penelitian ini dapat menujukan bahwa faktor-faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 7 Kota Gorontalo pada indikator (1) Kesehatan 68.42%, indikator (2) Kesiapan 73.37%, indikator (3) Perhatian 71.32%, indikator (4) Minat 70.25%, indikator (5) Motivasi 67.8%, indikator (6) faktor keluarga 69.7% indikator (7) faktor Sekolah 70.56% indikator (8) faktor Masyarakat memperoleh persentase 73.1%. berdasarkan hasil analisis dari kedelapan indikator, indikator yang memiliki presentase yang tinggi adalah indikator perhatian dibandingkan dengan indikator motivasi ini yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa
Kata kunci: Hasil belajar.
Download berkas