SKRIPSI

Penulis / NIM
FATMAWATY MADINA / 111410072
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. WENNY HULUKATI, M.Pd / 0018095706
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. MARDIA BIN SMITH, S.Pd, M.Si / 0005125908
Abstrak
ABSTRAK Fatmawaty Madina. Nim: 111410072. Faktor Penyebab Kurangnya Penyesuaian Diri Pada Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 11 Kota Timur Kota Gorontalo. Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj Wenny Hulukati, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Hj. Mardia Bin Smith, S.Pd, M.Si Penyesuaian diri adalah suatu proses yang mencakup respon-respon mental dan behavioral yang diperjuangkan individu agar dapat berhasil menghadapi kebutuhan-kebutuhan internal, kegagalan, frustasi, konflik serta untuk menghasilkan kualitas keselarasan antara tuntutan dari dalam diri individu dengan tuntutan dunia luar atau lingkungan tempat individu berada. Tujuan utama penelitian ini adalah Untuk mengetahui penyesuaian diri siswa di SMP Negeri 11 Gorontalo Kecamatan Kota Timur Kota Gorontalo Untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kurangnya penyesuaian diri pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 11 Kota Timur Kota Gorontalo. Penelitian ini berfokus pada penyesuaian diri siswa di dalam lingkungan sekolah SMP Negeri 11 Kota Gorontalo sebagai lokasi penelitian. Penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Untuk mengetahui faktor penyebab kurangnya penyesuaian diri siswa di SMP Negeri 11 kota gorontalo. Dengan memperoleh data yang diperlukan dalam membahas masalah penelitian ditempuh langkah-langkah Observasi dan Penyebaran angket. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa penyesuaian diri siswa di SMP Negeri 11 Kota Gorontalo kurang optimal yang ditunjukan dengan 1) Penyesuaian diri siswa adalah : tidak nyamannya siswa bergaul dengan teman sekelas, adanya sikap iri hati yang timbul pada diri siswa, tidak adanya rasa percaya diri, suka mencela orang lain, lebih suka mengganggu orang lain, senang mengeluarkan kata-kata kasar. 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi kurangnya penyesuaian diri siswa adalah : faktor dari individu itu sendiri yaitu kurangnya motivasi dari siswa itu sendiri, faktor keluarga yaitu kurang perhatian dari orang tua, sikap orang tua yang acuh tak acuh, faktor lingkungan sekolah yaitu kurangnya bimbingan dan pengarahan dari guru-guru terutama guru BK dalam hal penyesuaian diri siswa, tidak mau terlibat langsung dalam kegiatan-kegiatan sosial, dan faktor lingkungan masyarakat yaitu pergaulan yang salah dan terlalu bebas sehingga mempengaruhi penyesuaian diri siswa. Kata Kunci : Faktor Penyebab Kurangnya Penyesuaian Diri Siswa
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011