Penulis / NIM
RUSLAN LAWUO / 111410076
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARYAM RAHIM, M.Pd / 0018075910
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. RUSTAM I HUSAIN, M.Pd / 0005077506
Abstrak
ABSTRAK
Ruslan Lawuo. 2015 Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Maryam Rahim, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Rustam Husain, S.Ag, M.Pd.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh gejala yang terjadi di SMP Negeri 8 Kota Gorontalo yakni tentang kemampuan interaksi sosial siswa kelas VII. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memperoleh gambaran tentang pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik diskusi terhadap kemampuan interaksi sosial siswa melalui eksperimen semu.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan menggunakan desain penelitian "One Group Pre-Test and Pos-Test design" yang terdiri dari dua variabel yaitu variabel X (Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi) dan variabel Y (Kemampuan Interaksi Sosial) Anggota sampel penelitian berjumlah 15 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling atau pengambilan sampel berdasarkan tujuan. Teknik pengumpulan data berupa teknik angket tentang aspek-aspek variabel Y (kemampuan interaksi sosial).
Uji hipotesis menggunakan uji t yang menghasilkan harga t_hitung sebesar -5,42 sedangkan t daftar pada taraf nyata 5% sebesar 2,05. Ternyata harga t_hitung memperoleh harga lain (harga t_hitung telah berada di luar daerah penerimaan H_0) sehingga disimpulkan bahwa bahwa H_0 ditolak dan menerima H_1. Artinya layanan bimbingan kelompok teknik diskusi berpengaruh terhadap kemampuan interaksi sosial siswa kelas VII SMP Negeri 8 Kota Gorontalo.
Kata Kunci : Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi, Kemampuan Interaksi Sosial
Download berkas