Penulis / NIM
HASNA YUSUF PANEO / 111410078
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. WENNY HULUKATI, M.Pd / 0018095706
Pembimbing 2 / NIDN
IRVAN USMAN, S.Psi, M.Si / 0002077703
Abstrak
ABSTRAK
Hasna Yusuf Paneo 2012. “Pengaruh Teknik Berrmain Peran Terhadap Kemampuan Berkomunikasi Antarpribadi Pada Siswa Kelas V111 SMP Negeri 1 Telaga Kabupaten Gorontalo”Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. 2012.
Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui pengaruh teknik bermain peran terhadap kemampuan berkomunikasi antarpribadi. Dalam arti apakah terdapat pengaruh yang signifikan kegiatan teknik bermain peran terhadap kemampuan berkomunikasi antarpribadi. Penelitian eksperimen ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Telaga Kabupaten Gorontalo pada siswa kelas VIII tahun pelajaran 2011/2012. Seluruh data diolah secara kuantitatif dengan menguji normalitas data dan uji hipotesPis.
Hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik pengolahan statistika. Berdasarkan hasil pengujian normalitas data, diperoleh harga X2hitung pre-test sebesar 5,7 dan harga X2hitung post-test sebesar 2,3 sedangkan harga X2daftar taraf nyata ? = 0,05 = 7,81. Dengan demikian data dalam penelitian berasal dari populasi yang berdistribusi normal.
Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t. dari hasil perhitungan diperoleh harga t hitung sebesar 7,30 sedangkan tdaftar, atau harga thitung telah berada diluar daerah penerimaan H0. Disimpulkan bahwa H0 ditolak dan HA diterima . Dengan demikian berarti bahwa teknik bermain peran berpengaruh terhadap kemamouan komunikasi anatrpribadi siswa.
Kata kunci: Bermain Peran, Komunikasi Antarpribadi
Download berkas