Penulis / NIM
NURUL ATIYAH G. ABAS / 111410080
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RENA MADINA, M.Pd / 0022075913
Pembimbing 2 / NIDN
IRPAN A KASAN, S.Ag, M.Pd / 0008067506
Abstrak
ABSTRAK
Nurul Atiyah G. Abas. 2015. Pengaruh Konseling Kelompok Terhadap Percaya Diri Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negari Gorontalo. Pembimbing I Dra. Rena Madina, M,Pd, dan Pembimbinga II Irpan A. Kasan, S.Ag, M.Pd.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya percaya diri siswa kelas VII SMP Negeri 10 Kota Gorontalo yang ditandai dengan: Siswa tidak berani mengungkapkan pendapat karena takut mendapat kritikan, siswa selalu merasa diri rendah, siswa merasa kurang mendapat perhatian, siswa kurang mau bergaul dengan lingkungan. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memperoleh gambaran tentang pengaruh konseling kelompok terhadap percaya diri siswa.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan menggunakan desain penelitian ..."One Group Pre-Test and Post-Test Design yang terdiri dari dua variabel yaitu variabel X (Konseling Kelompok) dan variabel Y (Percaya Diri) siswa kelas VII SMP Negeri 10 Kota Gorontalo. Penelitian ini diberikan 8 kali treatment pada 8 orang siswa. Teknik pengumpulan data adalah angket.
Uji hipotesis menggunakan uji t yang menghasilkan harga thitung sebesar 1,621 sedangkan tdaftar pada taraf nyata 5% sebesar 2,14. Ternyata harga thitung telah berada diluar daerah penerimaan H0 sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan menerima H1. Artinya konseling kelompok berpengaruh terhadap percaya diri siswa kelas VII SMP Negeri 10 Kota Gorontalo
Kata Kunci: Konseling Kelompok, Percaya Diri
Download berkas