Penulis / NIM
MUHAMAD TANI / 111410099
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. TUTI WANTU, M.Pd, Kons / 0016036105
Pembimbing 2 / NIDN
IRVAN USMAN, S.Psi, M.Si / 0002077703
Abstrak
Muhamad Tani. NIM. 111 410 099. Hubungan Kinerja Guru Bimbingan dan Konseling Dengan Karakter Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 8 Kota Gorontalo 2014. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Tuti Wantu, M.Pd, Kons dan Pembimbing II Irvan Usman, S.Psi, M.Si.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah: apakah terdapat Hubungan kinerja guru bimbingan konseling dengan karakter siswa kelas VIII di SMP Negeri 8 Kota gorontalo? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kinerja guru bimbingan konseling dengan karakter siswa kelas VIII di SMP Negeri 8 Kota gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif yakni mengidentifikasi hubungan kinerja guru dengan karakter siswa. Untuk mendapatkan data penelitian dengan teknik angket, data-data tersebut di analisis secara statistika.
Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh koefisien korelasi r = 0.69 dan koefisien determinasinya r2 = 0.4761. Hal ini mengandung makna bahwa derajat hubungan antara kinerja guru (variabel X) dengan karakter siswa (variabel Y) sebesar 47,61%. Dalam artian bahwa sebesar 47,61%, karakter siswa (variabel Y) di SMP Negeri 8 Kota Gorontalo memiliki hubungan dengan kinerja guru (Variabel X). Sisa dari hasil prosentase tersebut sebesar 52,39%, memberikan makna bahwa karakter siswa dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak didesain oleh peneliti, seperti dorongan orang tua, pengaruh lingkungan sekolah, cara mengajar guru.
Penulis menyarankan kepada guru bimbingan dan konseling di SMP Negeri 8 Kota Gorontalo dapat menggunakan hasil penelitian ini untuk terus meningkatkan kinerja. Disarankan agar prestasi yang sudah dicapai sekarang ini dapat dipertahankan dan dipublikasikan kepada sekolah lain, sehingga kehadiran guru bimbingan dan konseling di sekolah dapat memberikan kontribusi yang positif bagi pembentukan karakter siswa. Disarankan pula kepada peneliti lain agar melakukan penelitian dengan kajian yang sama, karena penulis menyadari sepenuhnya bahwa penelitian ini masih jauh dari kesempurnaan. Olehnya, dengan adanya penelitian yang lebih lanjut akan lebih memperkaya khazanah penelitian tentang kinerja guru bimbingan dan konseling di sekolah-sekolah.
Kata Kunci: Kinerja Guru, Bimbingan dan Konseling, Karakter, dan Siswa.
Download berkas