SKRIPSI

Penulis / NIM
FIEFIN PULUHULAWA / 111410103
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARYAM RAHIM, M.Pd / 0018075910
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. MARDIA BIN SMITH, S.Pd, M.Si / 0005125908
Abstrak
ABSTRAK Fiefin Puluhulawa. 2012. Hubungan antara Prestasi Belajar dengan Konsep Diri Akademik Siswa Kelas VIII di SMP Negeri I Batudaa Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Bimbingan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ibu Dra. Hj. Maryam Rahim, M.Pd. Pembimbing II Ibu Dra. Hj. Mardia Bin Smith, S.Pd.M.Si. Permasalahan yang dihadapi di SMP Negeri I Batudaa adalah bervariasinya prestasi belajar siswa kelas VIIIa, yang menurut para guru siswa kelas VIII tersebut adalah siswa yang cerdas dan berprestasi tinggi. Oleh karena itu, penelitian bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang hubungan antara prestasi belajar dengan konsep diri akademik siswa melalui korelasi. Penelitian ini adalah penelitian korelasi yang terdiri dari dua variabel yaitu variabel X (Konsep Diri Akademik) dan variabel Y (Prestasi Belajar). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 140 orang dengan sampel 21% atau 30 orang. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah studi dokumen yang berisi informasi tentang prestasi belajar siswa berupa nilai rata-rata seluruh mata pelajaran yang tercantum dalam daftar nilai guru dan angket yang berisi pernyataan-pernyataan tentang konsep diri akademik. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik pengolahan statistika uji normalitas data, uji reabilitas dan uji hipotesis. Dalam penelitian ini terdapat 2 hasil penelitian yaitu penelitian deskriptif yang menjelaskan data tentang distribusi frekuensi skor responden untuk masing-masing variabel sehingga diperoleh pengkategorian dari masing-masing variabel yaitu (variable bebas) konsep diri akademik, dan (variabel terikat) prestasi belajar siswa, dan penelitian diferensial yaitu untuk menghitung uji hipotesis. Dari hasil perhitungan diperoleh harga thitung sebesar 5,9842 sedangkan tdaftar pada taraf nyata 1% sebesar 2,76. Ternyata harga thitung lebih besar dari tdatar, atau harga thtung telah berada diluar daerah penerimaan H0, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan menerima Ha. Hal ini berarti bahwa konsep diri akademik berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini memberi arti bahwa konsep diri akademik yang positif dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Kata kunci: prestasi belajar, konsep diri akademik
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011