Penulis / NIM
THEOVANI MARINU / 111410113
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARYAM RAHIM, M.Pd / 0018075910
Pembimbing 2 / NIDN
MEISKE PULUHULAWA, S.Pd, M.Pd / 0031018301
Abstrak
ABSTRAK
Theovani Marinu. 2014. Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi terhadap Kemampuan Penyesuaian Diri Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ibu Dra. Hj. Maryam Rahim, M.Pd dan pembimbing II Ibu Meiske Puluhulawa, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta yang terjadi di SMP Negeri 1 Kota Gorontalo tentang penyesuaian diri siswa VII. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memperoleh gambaran tentang pengaruh bimbingan kelompok teknik diskusi terhadap kemampuan penyesuaian diri melalui eksperimen.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan menggunakan desain penelitian "One Group Pre-Test and Post-Test Design" yang terdiri dari dua variabel yaitu variabel X (teknik diskusi) dan variabel Y (penyesuaian diri) siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kota Gorontalo dengan sampel penelitian sejumlah 10 orang siswa. Pengambilan sampel berjumlah 10 orang siswa ini bertujuan agar supaya layanan bimbingan kelompok bisa berjalan dengan optimal. Sedangkan teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dan menggunakan teknik pengumpul data berupa teknik angket tentang variabel Y (penyesuaian diri).
Alat pengumpul data yang digunakan adalah angket yang disebar sebanyak dua kali yakni Pre-test dan Post-test atau sebelum dan sesudah pelaksanaan tindakan. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik pengolahan statistika pengujian normalitas data yang menghasilkan "" _"hitung" ^"2" Pre-test= 3,74 dan "" _"hitung" ^"2" Post-test= -11,98 sedangkan harga "" _"tabel" ^"2" " pada taraf nyata = 5,99" . Ternyata harga "" _"hitung" ^"2" < "" _"tabel" ^"2" sehingga disimpulkan bahwa data yang digunakan berdistribusi normal. Uji hipotesis menggunakan uji t yang menghasilkan harga thitung sebesar -5,90 sedangkan t daftar pada taraf nyata 5% sebesar 2,10. Ternyata harga thitung memperoleh harga lain (harga thitung telah berada diluar daerah penerimaan H0) sehingga disimpulkan bahwa H0 ditolak dan menerima HA. Artinya bimbingan kelompok teknik diskusi berpengaruh terhadap kemampuan penyesuaian diri siswa, sehingga dapat direkomendasikan bimbingan kelompok teknik diskusi secara intensif dan berkelanjutan untuk meningkatkan kemampuan penyesuaian diri.
Kata Kunci: Teknik Diskusi, Penyesuaian Diri Siswa.
Download berkas