Penulis / NIM
TAJUDIN AHMAD / 111410119
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARYAM RAHIM, M.Pd / 0018075910
Pembimbing 2 / NIDN
IRVAN USMAN, S.Psi, M.Si / 0002077703
Abstrak
ABSTRAK
TAJUDIN AHMAD. "Deskripsi Kemandirian Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Kota Gorontalo" Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Di bawah bimbingan Dra. Hj. Maryam Rahim M.Pd, selaku pembimbing I dan Irvan Usman S.Psi, M.Si selaku pembimbing II.
Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kemandirian belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Kota Gorontalo. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 290 siswa, dan yang menjadi sampel pada penelitian ini berjumlah 73 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini secara random. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket, dilengkapi dengan observasi, analisis data dilakukan dengan tehnik persentase.
Hasil penelitian ini menunjukan kemandirian belajar siswa dengan indikator (1) berpikir kritis berada pada kategori sedang (79.04%) indikator (2)Tidakmudah terpengaruh berada pada kategori tinggi (81.51%) indikator (3) Tidak lari atau menghindari berada pada kategori tinggi (87.40%) indikator (4) Memecahkan masalahberada pada kategori tinggi (87.40%) indikator (5) tanpa bantuan orang lain berada pada kategori sedang (72.46%) indikator (6) merasa rendah diriberada pada kategori sedang (78.77%) indikator (7) ketekunan dan kedisiplinan berada pada kategori sedang (80.95%) indikator (8) Bertanggung jawab berada pada kategori sedang (85.62%)
Dengan demikian dapat disimpulkan secara keseluruhan bahwa kemandirian belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 8 Kota Gorontalo secara umum dalam kategori kemandirian belajar yang positif.
Kata Kunci: Kemandirian belajar
Download berkas