Penulis / NIM
RIMAWATI MAHMUD / 111410120
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RENA MADINA, M.Pd / 0022075913
Pembimbing 2 / NIDN
MURHIMA A KAU, S.Psi, M.Si / 0030047303
Abstrak
ABSTRAK
Rimawati Mahmud. 2014. Pengaruh Konseling Kelompok Teknik Realitas Terhadap Perilaku bolos Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, (Dra. Hj.Rena Madina,M.Pd) dan pembimbing II (Murhima A. Kau,S.Psi, M.Si, Psi).
Permasalahan yang dihadapi siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Kota Gorontalo adalah perilaku bolos sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh suatu gambaran tentang pengaruh konseling kelompok teknik realitas terhadap perilaku bolos pada siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Kota Gorontalo melalui metode penelitian eksperimen.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan menggunakan desain penelitian "One Group Pre-Test and Post-Test Design" yang terdiri dari dua variabel yaitu variabel X (teknik realitas) dan variabel Y (perilaku bolos) siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Kota Gorontalo dengan sampel penelitian sejumlah 8 siswa dari jumlah populasi 360 siswa. Sedangkan teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dan menggunakan teknik pengumpul data berupa teknik angket tentang variabel Y (perilaku bolos).
Dari hasil penelitian, data yang terkumpul dengan menggunakan teknik pengolahan statistika pengujian normalitas data yang menghasilkan"" _"hitung" ^"2" Pre-Test=-39,36 dan "" _"hitung" ^"2" Post-test = -29,61 sedangkan harga "" _"tabel" ^"2" " pada taraf nyata = 3,841" . Ternyata harga "" _"hitung" ^"2" < "" _"tabel" ^"2" sehingga disimpulkan bahwa data yang digunakan berdistribusi normal. Uji hipotesis menggunakan uji t yang menghasilkan harga thitung sebesar 201,88 sedangkan t daftar pada taraf nyata 5% sebesar 2,14. Ternyata harga thitung memperoleh harga lain (harga thitung telah berada diluar daerah penerimaan H0) sehingga disimpulkan bahwa H0 ditolak dan menerima H1. Artinya konseling kelompok teknik realitas berpengaruh terhadap perilaku bolos pada siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Kota Gorontalo. Sehingga dapat direkomendasikan konseling kelompok teknik realitas secara intensif dan berkelanjutan untuk meminimalisir perilaku bolos pada siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Kota Gorontalo.
Kata kunci: Konseling Kelompok, Teknik Realitas, Perilaku Bolos
Download berkas