Penulis / NIM
DEWI WAHYUNI S. SUMAILA / 111410122
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARYAM RAHIM, M.Pd / 0018075910
Pembimbing 2 / NIDN
IRVAN USMAN, S.Psi, M.Si / 0002077703
Abstrak
ABSTRAK
Dewi Wahyuni S Sumaila "111 410 122", 2014. Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dengan Disiplin Siswa Kelas VII di SMP Negeri 1 Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dra. Hj. Maryam Rahim, M.Pd dan Pembimbing II, Irvan Usman, S.Psi, M.Psi.
Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan disiplin siswa pada kelas VII SMP Negeri 1 Telaga Kabupaten Gorontalo. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan antara kecerdasan emosional dengan disiplin siswa pada kelas VII SMP Negeri 1 Telaga Kabupaten Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian adalah korelasional, serta teknik pengumpulan data adalah angket dan observasi. Anggota populasi yakni siswa kelas VII SMP Negeri 1 Telaga Kabupaten Gorontalo yang berjumlah 240 orang, dengan anggota sampel sejumlah 35 orang. Adapun analisis data yang dilakukan dengan menggunakan koefisien korelasi Spearman.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: hubungan antara kecerdasan emosional dengan disiplin siswa ditunjukan dengan r' = 0.9792 > dari batas nilai kritis = 0.432. Demikian hipotesis penelitian berbunyi " terdapat korelasi antara kecerdasan emosional dengan disiplin siswa SMP Negeri 1 Telaga Kabupaten Gorontalo" dapat diterima.
Untuk itu kepada guru bimbingan dan konseling di sekolah hendaknya melaksanakan pelayanan bimbingan dan konseling untuk meningkatkan kecerdasan emosional siswa, agar mereka terhindar dari masalah disiplin. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian terhadap masalah yang sama dengan tinjauan yang berbeda.
Kata Kunci : Kecerdasan Emosional, Disiplin Siswa
Download berkas