Penulis / NIM
HARYANTO AYUB / 111410123
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. WENNY HULUKATI, M.Pd / 0018095706
Pembimbing 2 / NIDN
IRVAN USMAN, S.Psi, M.Si / 0002077703
Abstrak
ABSTRAK
Haryanto Ayub, 2014. Hubungan Kelompok Sebaya Dengan Hasil Belajar Siswa Di SMP Negeri 3 Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. 2014. Pembimbing I Ibu Dr. Wenny Hulukati, M.Pd. Pembimbing II Bapak Irvan Usman, S.Psi, M.Psi.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah ada tidaknya hubungan kelompok sebaya dengan hasil belajar siswa di SMPN 3 Kota Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kelompok sebaya dengan hasil belajar siswa di SMPN 3 Kota Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional. Ada 2 (dua) variabel yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu kelompok sebaya sebagai variabel bebas dengan indikator aspek positif dan aspek negatif. Kemudian hasil belajar sebagai variabel terikat dengan indikator nilai rata-rata raport. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi SMP Negeri 3 Kota Gorontalo dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 84 responden yang diambil secara random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, raport dan observasi. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik analisis korelasi Pearson Product moment (PPM), dan koefisien diterminan.
Dari hasil analisis data, maka diperoleh rxy = 0,18 sedangkan rtabel pada taraf signifikasi
5% = 0,220. Dari hasil perhitungan koefisien diterminasi diperoleh 3,08%. Hal ini
membenarkan kelompok sebaya berkontribusi 3,08% terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diambil kesimpulan bahwa ada hubungan yang sangat signifikan antara kelompok sebaya dengan hasil belajar siswa di SMPN 3 Kota Gorontalo.
Kata kunci: Kelompok Sebaya, Hasil Belajar
Download berkas