SKRIPSI

Penulis / NIM
NURFAHMI SUGEHA / 111410131
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. TUTI WANTU, M.Pd, Kons / 0016036105
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. MARDIA BIN SMITH, S.Pd, M.Si / 0005125908
Abstrak
ABSTRAK Nurfahmi Sugeha. 2016. "Analisis Faktor faktor Penyebab Rendahnya Kemandiran Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Tuti Wantu, M.Pd, Kons dan Dra. Mardia Bin Smith, S.Pd, M.Si Permasalahan yang menjadi fokus penelitian ini adalah rendahnya kemandirian belajar siswa. Tujuan penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui penyebab rendahnya kemandirian belajar siswa kelas VIII di sekolah SMP Negeri 7 Kota Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan metode kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 7 Kota Gorontalo khususnya di kelas VIII yang berjumlah 125 yang menempati 5 kelas dengan jumlah masing-masing di dalam kelas 25 orang. Dari 125 siswa diambil 25% atau 32 orang yang dijadikan sumber data dalam penelitian. Hanya terdapat satu variabel yang dikaji dalam penelitian ini yaitu penyebab rendahnya kemandirian belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, sedangkan observasi sebagai pelengkap. Teknik analisis data yaitu menggunakan uji validitas dan reabilitas instrument dan analisis persentase. Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan menunjukan bahwa faktor penyebab rendahnya kemandirian belajar siswa yang tertinggi pertama adalah motivasi dengan persentase 78,45%, hal ini menunjuKan penyebab rendahnya kemandirian belajar siswa dipengaruhi oleh motivasi, faktor tertinggi kedua tujuan dengan persentase 75,05%, hal ini menunjukan penyebab rendahnya kemandirian belajar siswa dipengaruni oleh tujuan, dan ketiga keyakinan diri dengan persentase 73,15%. Kemandirian belajar sangat penting bagi siswa sehingga memiliki kondisi aktif yang mandiri serta tidak tergantung pada orang lain, memiliki kemampuan, kemauan dan bertanggung jawab sendiri dalam menyelesaikan masalah belajarnya Kata Kunci: Penyebab Kemandirian Belajar Siswa
Download berkas

ARSIP

2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011