Penulis / NIM
RABIA SULEMAN LUWITI / 111410139
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. WENNY HULUKATI, M.Pd / 0018095706
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. RUSTAM I HUSAIN, M.Pd / 0005077506
Abstrak
ABSTRAK
Rabia S. Luwiti. 2013. Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Teknik Token Economic di Kelompok B TK Mekar Hulawa Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo. Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Wenny Hulukati, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Rustam Husain, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah kreativitas anak dapat ditingkatkan melalui teknik token economic pada anak di Kelompok B TK Mekar Hulawa Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas anak pada TK Mekar Hulawa Kecamatan Telaga kabupaten Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah metode deskriptif yang pengolahan datanya secara kualitatif. Data diambil berdasarkan observasi awal pada saat proses pembelajaran berlangsung yang berhubungan dengan pembelajaran kreativitas anak.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan membuktikan bahwa kreativitas anak meningkat dengan diberikan reward melalui token economic. Hal ini dapat dilihat dari perkembangan anak melalui anak selama proses pembelajaran yang ada di Kelompok B Taman Kanak-Kanak (TK) Mekar Hulawa, pada observasi awal 30% yang mampu melakukan kegiatan dengan baik, setelah pelaksanaan siklus I kreativitas anak meningkat menjadi 50%. Pada siklus II kemampuan anak meningkat 85%.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa token economic dapat meningkatkan kreativitas anak.
Kata Kunci : Kreativitas Anak, Token Economic
Download berkas