Penulis / NIM
SRI AGUSTIN BAKARI / 111410148
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARYAM RAHIM, M.Pd / 0018075910
Pembimbing 2 / NIDN
IRPAN A KASAN, S.Ag, M.Pd / 0008067506
Abstrak
ABSTRAK
Sri Agustin Bakari. 2014. Deskripsi Perkembangan Karir Berdasarkan Teori Donal Super Siswa SMA Negeri 2 Gorontalo. Skripsi, Jurusan Bimbingan Dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj Maryam Rahim, M.Pd dan pembimbing II Irpan Kasan, S,Ag. M, Pd.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang pemahaman diri siswa. Misalnya, bakat dan minat, siswa kurang informasi tentang bidang-bidang pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan dan persyaratan pada mengenai berbagai jurusan di perguruan tinggi, dan adanya pengaruh lingkungan luar. Tujuan utama penelitian ini untuk mendiskripsikan tingkat perkembangan karir siswa menurut teori Donal Super. Lokasi penelitian adalah SMA Negeri 2 Gorontalo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriftif kuantitatif yang membahas tentang perkembangan karir siswa, dengan anggota populasi berjumlah 247 orang dan anggota sampel 49 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah secara random. Teknik pengumpulan data yang digunakan angket dan dianalisis dengan menggunakan analisis persentase.
Hasil penelitian menunjukan perkembangan karir pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Gorontalo berdasarkan teori Donal Super berada pada kategori tinggi (76,44%). Dengan persentase rata-rata dilihat dari (a) aspek pengetahuan mengenai diri berada dalam kategori tinggi (79,08%), (b) aspek pendidikan dan eksplorasi dalam kategori sangat tinggi (84,34%), (c) aspek perencanaan karir dalam kategori tinggi (68,46%). Gambaran tentang perkembangan karir berdasarkan Teori Donal Super pada siswa SMA Negeri 2 Gorontalo berada pada kategori tinggi, hal ini berarti siswa sudah mencapai tahapan perkembangan karir sesuai dengan tuntutan tugas perkembangan.
Kata Kunci : Perkembangan Karir, Teori Donal Super
Download berkas