Penulis / NIM
SALMAWATI BANIA / 111410149
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. TUTI WANTU, M.Pd, Kons / 0016036105
Pembimbing 2 / NIDN
MEISKE PULUHULAWA, S.Pd, M.Pd / 0031018301
Abstrak
ABSTRAK
Salmawati Bania. 2014. Meningkatkan Kemampuan Menulis Melalui Metode Bermain Huruf di Kelompok B TK Dewantara Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Tuti Wantu, M.Pd.Kons dan pembimbing II Meiske Puluhulawa, S.Pd, M.Pd
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah metode bermain huruf dapat meningkatkan kemampuan menulis di kelompok B TK Dewantara Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango? Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan menulis melalui metode bermain huruf di Kelompok B TK Dewantara Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam II siklus dan data yang diperoleh dianalisis secara presentase. Metode pengumpulan data adalah observasi kegiatan guru dan anak, serta dokumntasi.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kegiatan observasi awal kemampuan anak sejumlah anak 8 orang atau presentase 44.44% dan tidak mampu 10 orang atau 55.56%, pada siklus I pertemuan I mencapai 11 orang atau 61.11% dan tidak mampu 7 orang atau 38.89% sedangkan siklus I pertemuan II 13 orang mampu atau 72.22% dan tidak mampu 5 orang atau 27.78%. Pada siklus II pertemuan I 14 orang atau 77.78% dan 4 orang tidak mampu atau 22.22%, siklus II pertemuan II meningkat menjadi 16 orang anak, dan 88.89% dan 2 orang atau 11.11% tidak mampu.
Kesimpulan bahwa metode bermain huruf dapat meningkatkan kemampuan menulis di kelompok B TK Dewantara Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango.
Kata kunci : Kemampuan, Menulis, Bermain Huruf.
Download berkas