SKRIPSI

Penulis / NIM
SRI DAMAYANTI PAPUTUNGAN / 111410152
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RENA MADINA, M.Pd / 0022075913
Pembimbing 2 / NIDN
MEISKE PULUHULAWA, S.Pd, M.Pd / 0031018301
Abstrak
ABSTRAK Sri D. Paputungan. 2014. "Deskripsi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Percaya Diri Siswa kelas VII dalam Mengemukakan Pendapat di SMP Negeri 8 Kota Gorontalo" (studi pada siswa kelas VII SMP Negeri 8 Kota Gorontalo)" Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Rena L. Madina, M.Pd dan Pembimbing II Meiske Puluhulawa, S.Pd, M.Pd. Permasalahan yang menjadi fokus penelitian ini adalah percaya diri siswa dalam mengemukakan pendapat dan kurangnya percaya diri siswa. Tujuan Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi percaya diri siswa dalam mengemukakan pendapat di SMP Negeri 8 Kota Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan metode kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 8 Kota Gorontalo khususnya di kelas VII yang berjumlah 270 orang yang menempati 9 kelas dengan jumlah-jumlah msing-masing di dalam kelas 30 orang. Dari 270 siswa diambil 15% atau 40 orang yang dijadikan sumber data dalam penelitian. Hanya terdapat satu variabel yang dikaji dalam penelitian ini yaitu percaya diri siswa dalam mengemukakan pendapat. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, sedangkan observasi sebagai pelengkap. teknik analisis datanya yaitu menggunakan teknik uji validitas dan reabilitas instrument dan analisis persentase. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi percaya diri siswa sebesar 70,13% yang terdiri dari (1) faktor internal presentasenya sebersar 72,06%, (2) faktor eksternal presentase sebesar 68,21%. Dengan demikian percaya diri siswa SMP Negeri 8 Kota Gorontalo Kelas VII dalam mengemukakan pendapat sangat tinggi, siswa memiliki keberanian tampil di depan orang lain baik mengemukakan pendapat, bertanya, melakukan presentasi. Faktor internal (dari dalam diri siswa) merupakan faktor yang lebih mempengaruhi percaya diri siswa dalam mengemukakan pendapat dibandingkan dengan faktor eksternal (dari luar diri siswa). Kata kunci: Percaya Diri, Mengemukakan Pendapat
Download FILE

ARSIP

2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011