Penulis / NIM
MUHAMMAD ARFANDI MONOARFA / 111410154
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RENA MADINA, M.Pd / 0022075913
Pembimbing 2 / NIDN
MEISKE PULUHULAWA, S.Pd, M.Pd / 0031018301
Abstrak
ABSTRAK
Muhmmad Arfandi Monoarfa. 2015. Profil Tipe Kepribadian dan Model Orientasi
Karir Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kotamobagu. Skripsi, Jurusan Bimbingan Dan
Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I
Dra. Rena L. Madina, M.Pd dan Pembimbing II Meiske Puluhulawa S. Pd, M. Pd.
Penelitian dilatarbelakangi oleh kurang pemahaman kepribadian dan karir siswa.
Misalnya, siswa yang memilih jurusan dan merencanakan karir karena hanya ikutikutan
teman, dipilihkan orang tua. Tujuan utama penelitian ini untuk mengetahui
profil tipe kepribadian dan model orientasi karir siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kota
Kotamobagu.
Penelitian ini mengunakan metode deskriptif kuantitatif, dengan populasi yang
berasal dari seluruh kelas XI berjumlah 298 siswa dan anggota sampel penelitian
75 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini mengunakan teknik secara acak
dan berstrata secara proporsional. Pengumpulan data mengunakan isntrumen
angket dan dianalisis mengunakan analisis persentase.
Hasil penelitian menunjukan profil tipe kepribadian dan model orientasi karir siswa
kelas XI SMA Negeri 1 Kotamobagu, indikator tertinggi adalah: Satu indikator tipe
sosial diperoleh 20 siswa atau (27%), dua indikator tipe artistik diperoleh 19 siswa
atau (25%), tiga indikator tipe usaha diperoleh 16 siswa atau (21%), empat
indikator tipe konvensional diperoleh 11 siswa atau (15%), lima indikator tipe
investigatif diperoleh 6 siswa atau (8%), enam indikator tipe realistik diperoleh 3
siswa atau (4%). Dengan mengenal kepribadian karirnya siswa SMA akan
mendapatkan gambaran tentang dirinya dalam menentukan kelanjutkan studi di
perguruan tinggi, dan bekerja secara totalitas dalam meraih karir atau cita yang
diimpikan.
Kata Kunci : Profil Tipe Kepribadian, Model Orientasi Karir
Download berkas