Penulis / NIM
NURAFNI ABD. RAHMAN / 111410160
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARYAM RAHIM, M.Pd / 0018075910
Pembimbing 2 / NIDN
IRPAN A KASAN, S.Ag, M.Pd / 0008067506
Abstrak
ABSTRAK
Nurafni Abd rahman. 2015. Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Mengatasi Perilaku Terlambat Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Gorontalo. Program Studi Bimbingan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Maryam Rahim, M.Pd dan Pembimbing II Irpan A. Kasan, S.Ag, M.Pd.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya perilaku terlambat pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Gorontalo. Untuk peran guru bimbingan konseling dalam mengatasi perilaku terlambat siswa pada kelas VII SMP Negeri 1 Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian yaitu; 1) Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya perilaku terlambat pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Gorontalo adalah siswa yang tinggal jauh dari sekolah, masalah transportasi, dan bangun kesiangan. 2) Peran guru bimbingan konseling dalam mengatasi perilaku terlambat pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Gorontalo yaitu melaksanakan konseling individual dan konseling kelompok jika diperlukan maka dilakukan home visit dan bila tiga kali terlambat maka diberikan surat teguran kepada siswa untuk mengundang orangtua siswa ke sekolah.
Kata Kunci : Peran Guru Bimbingan Konseling, Perilaku Terlambat Siswa
Download berkas