Penulis / NIM
YUSNI IBRAHIM / 111410163
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARYAM RAHIM, M.Pd / 0018075910
Pembimbing 2 / NIDN
IRPAN A KASAN, S.Ag, M.Pd / 0008067506
Abstrak
ABSTRAK
YUSNI IBRAHIM. NIM. 111 410 163. Analisis Tentang Empati Siswa kelas VI SDN I Tualango Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo. SKRIPSI. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakulatas Ilmu Pendidkan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Maryam Rahim, M.Pd dan Pembimbing II Irvan Kasan, S.Ag, M.Pd.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh observasi awal yang menunjukkan bahwa masih adanya rasa empati siswa yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang empati siswa kelas VI SDN I Tualango Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo.
Lokasi penelitian adalah SDN I Tualango Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo. Responden peneliti adalah 12 orang siswa yang bertindak sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket. Indikator penelitian adalah (1) belas kasihan, (2) toleransi, (3) memberi dan menerima. Teknik analisis data menggunakan persentase.
Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata 50% jawaban siswa, termasuk pada kategori positif yang berarti bahwa ada upaya siswa untuk mengembangkan rasa iba sebaliknya rata-rata 50% tergolong belum maksimal karena dilakukan hanya sering kali dan kadang-kadang. Pada sikap toleransi rata-rata 66,66% siswa memperlihatkan kemampuan kearah yang diinginkan. Sisanya 33% hanya sering dan kadang-kadang. Untuk sikap memberi dan menerima rata-rata 66,66% menunjukkan hal yang juga positif sisanya 33% sering dan kadang-kadang.
Pada dasarnya siswa mempunyai perasaan empati terhadap sesama dan lingkungan sosial, tetapi masih tetap dibutuhkan bimbingan dan perhatian yang diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi perkembangan empati siswa kearah yang diharapkan.
Kata kunci : empati, iba, toleransi, memberi dan menerima.
Download berkas