Penulis / NIM
HEMSI PUASA / 111410170
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. TUTI WANTU, M.Pd, Kons / 0016036105
Pembimbing 2 / NIDN
IRVAN USMAN, S.Psi, M.Si / 0002077703
Abstrak
ABSTRAK
Hamsi Puasa. 111 410 170. Studi Tentang Kecerdasan Emosional Siswa Di Mts. Tolutu Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Skripsi. Jurusan BK fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo.2012
Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan analisis tentang tingkat kecerdasan emosional siswa di Mts. Negeri Tolutu Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Lokasi penelitian di Mts. Negeri Tolutu. Responden penelitian berjumlah 30 0rang siswa kelas VIII.
Tekhnik pengumpulan datanya menggunakan angket. Indikator penelitian adalah (1) mengenali emosi diri, (2) mengelola emosi, (3) memotivasi diri sendiri, (4) mengenali emosi orang lain (5) membina hubungan. Teknik analisis dat menggunakan persentase. Hasil analisis menunjukan bahwa indikator pertama tentang mengenali emosi diri sendiri menunjukan bahwa 75% jawaban responden tergolong positif dari 25% jawaban yang tidak positif. tentang mengelola emosi. Menunjukan bahwa 83,9% jawaban responden tergolong positif dari 16,1% jawaban yang tidak positif. Mengenali emosi orang lain. Menunjukan bahwa 89,5% jawaban responden tergolong positif dari 10,5% jawaban yang tidak positif. Selanjutnya
Berdasarkan hasil analisis data dari 6 butir pertanyaan tentang memotivasi diri Menunjukan bahwa 88,9% jawaban responden tergolong positif dari 11,1% jawaban yang tidak positif. Terakhir, indicator kelima tentang membina hubungan menunjukan 86,7% jawaban responden tergolong positif dari 13,3% jawaban yang tidak positif. Hasil ini menunjukan bahwa kecerdasan emosional siswa berdasarkan lima indikator yang telah dikaji sangatlah baik hal ini dapat dilihat dari hasil-hasil analisis data yang telah dipresentasekan.
Kata Kunci : Kecerdasan Emosional.
Download berkas