Penulis / NIM
FAUZIA MAMONTO / 111410171
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RENA MADINA, M.Pd / 0022075913
Pembimbing 2 / NIDN
MURHIMA A KAU, S.Psi, M.Si / 0030047303
Abstrak
ABSTRAK
Fauzia Mamonto. 2015. Deskripsi Tentang Tipe Kepribadian Menurut Eduard Spranger Pada Siswa SMA Negeri 2 Gorontalo. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Rena L. Madina, M.Pd, dan Pembimbing II Murhima A. Kau, S.Psi, M.Si, Psi.
Alasan peneliti tertarik mengambil judul ini adalah karena tipe kepribadian siswa di SMA Negeri 2 Gorontalo masih sangat beragam. Hal ini ditandai dengan masih banyaknya siswa yang cenderung egois karena melihat segala sesuatu yang dilakukan dari segi untung ruginya, ada pula siswa yang memiliki kecenderungan memilih teman dalam belajar ( hal ini merupakan sisi negatif dari teori Eduard Spanger dalam tipe manusia teori).
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yaitu untuk menggambarkan Tipe Kepribadian siswa di SMA Negeri 2 Gorontalo. Anggota populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 320 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel tersebut yaitu secara Random Sampling (secara acak) sehingga mendapat 48 orang siswa.
Teknik untuk pengumpulan data utama adalah angket, sedangkan observasi dan wawancara adalah sebagai data pendukung. Data selanjutnya dianalisis dengan menggunakan analisis data persentase.
Dari hasil penelitian menjadikan aspek tipe kepribadian dengan indikator tipe manusia ekonomi memperoleh presentase tertinggi yaitu 77,724%, tipe manusia teori memperoleh presentase 75,306%, tipe manusia sosial memperoleh presentase 74,256%, tipe manusia politik memperoleh presentase 73,475%, tipe manusia agama memperoleh presentase 71,123%, dan tipe manusia seni memperoleh presentase terendah yaitu 67,188%. Secara keseluruhan presentase dari ke 6 indikator tipe kepribadian yaitu 73,178%.
Kata kunci : Tipe Kepribadian
Download berkas