Penulis / NIM
ELFIN ISMAIL / 111410173
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARYAM RAHIM, M.Pd / 0018075910
Pembimbing 2 / NIDN
MEISKE PULUHULAWA, S.Pd, M.Pd / 0031018301
Abstrak
ABSTRAK
Elfin Ismail, 2014. Deskripsi Faktor-faktor yang Mempengaruhi Konsentrasi Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Gorontalo. Skripsi. Program Studi SI Pendidikan, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Rena L. Madina, M.Pd, dan pembimbing II Meiske Puluhulawa, S.Pd M.Pd
Masalah yang terdapat dalam penelitian ini adalah Faktor-faktor yang Mempengaruhi Konsentrasi Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi konsentrasi belajar siswa.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kota Gorontalo, dengan anggota populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Gorontalo, tahun ajaran 2013/2014, yang berjumlah 351 siswa sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 36 orang. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan instrument utama siswa, bersifat deskriptif, dan holistik. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai pelengkap. Teknik analisis datanya yaitu menggunakan teknik uji validitas dan reabilitas instrument dan analisis persentase.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi konsentrasi belajar siswa sebesar 75.80% yang terdiri dari (1) faktor internal presentasenya sebersar 75.94%, (2) faktor eksternal presentase sebesar 75.67%. Dengan demikian konsentrasi belajar siswa SMP Negeri 1 Kota Gorontalo Kelas VIII sangat tinggi, siswa tidak merasa kepanasan dalam mengikuti pembelajaran sehingga memperhatikan guru mengajar di kelas.
Kedua faktor ini sangat mempengaruhi konsentrasi belajar siswa disebabkan oleh individu itu sendiri yang sulit beradaptasi dengan kedua factor ini, suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalaman individu itu sendiri dalam berinteraksi dengan orang lain.
Kata kunci: Konsentrasi Belajar.
Download berkas