Penulis / NIM
FAHMI FANDI KONORAS / 111410182
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. WENNY HULUKATI, M.Pd / 0018095706
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. RUSTAM I HUSAIN, M.Pd / 0005077506
Abstrak
ABSTRAK
Fahmi Fandi, Konoras. 2014. Analisis Faktor yang Mempengaruhi Pada Kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Gorontalo. Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dr. Hj. Wenny Hulukati,M.Pd dan pembimbing II, Dr. Rustam Husain, S.Ag, M.Pd.
Empati merupakan perasaan positif kemampuan untuk memahami dan merasakan apa yang dirasakan orang lain. Jadi berempati adalah menempatkan diri pada posisi orang lain secara emosional dan sebuah keadaan emosi, tetapi memiliki komponen konitif kemampuan untuk melihat keadaan psikologis dalam diri orang lain.
Permasalahaan yang menjadi fokus penelitian ini adalah faktor yang mempengaruhi rendahnya perilaku empati pada siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi perilaku empati siswa SMP Negeri 2 Kota Gorontalo.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang dilaksanakan pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Kota Gorontalo. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggukan skala likert, yaitu teknik pengambilan sampel secara acak atau random sampling dari kelas VIII-1 sampai VIII-10, yang terdiri dari 10 kelas untuk kelas VIII. Jumlah keseluruhan siswa sebanyak 367 siswa dengan menggunakan rumus n=15%*N.
Hasil analisis data menunjukan faktor yang mempengaruhi perilaku empati siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Kota Gorontalo menunjukan persentase yang diperoleh dari kedua faktor yaitu faktor psikologis sebanyak 68.580% sedangkan faktor sosiologis sebanyak 70.929%. Hal ini dapat dilihat bahwa diantara kedua faktor tersebut faktor psikologis memiliki persentase lebih rendah di bandingkan dengan faktor sosiologis.
Kata Kunci: Perilaku Empati
Download berkas