Penulis / NIM
FARID ABIDJAL / 111410183
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARYAM RAHIM, M.Pd / 0018075910
Pembimbing 2 / NIDN
IRPAN A KASAN, S.Ag, M.Pd / 0008067506
Abstrak
ABSTRAK
Farid. 2017. Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Bibliokonseling Terhadap Prestasi Belajar Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Pada Kelas VIII Di SMP Negeri 2 Kota Gorontalo Skripsi, Jurusan Bimbingan Dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dra.Hj Maryam Rahim M.Pd. dan Pembimbing II, Irpan Kasan A, S.ag, M.Pd
Permasalahan yang dihadapi di SMP Negeri 2 kota Gorontalo adalah terdapat siswa yang menunjukan prestasi belajar, rendah dalam mata pelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik bibliokonseling terhadap prestasi belajar dalam mata pelajaran bahasa Indonesia.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) yang menggunakan desain ""One Group Pre-Test and Post Test Design". Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel X_1 (Teknik bibliokonseling), dan variabel Y (prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran bahasa Indonesia). Anggota populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Gorontalo yang berjumlah 235 orang yang terbagi dalam 10 kelas, sedangkan yang menjadi anggota sampel 15 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data studi dokumen. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji t.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh harga t_hitung sebesar -10,41 sedangkan dari daftar distribusi t pada taraf nyata 5% diperoleh t_0,975(28) = 2,05. Yang berarti bahwa hipotesis yang berbunyi "terdapat pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik bibliokonseling terhadap prestasi belajar dalam mata pelajaran bahasa Indonesia, pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 kota Gorontalo, dapat diterima. Berdasarkan hasil penelitian maka teknik bibliokonseling sangat tepat dilakukan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran bahasa Indonesia.
Kata kunci : Teknik Bibliokonseling, Prestasi Belajar Siswa, Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.
Download berkas