SKRIPSI

Penulis / NIM
MARLINA DUDE / 111410184
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARYAM RAHIM, M.Pd / 0018075910
Pembimbing 2 / NIDN
IRPAN A KASAN, S.Ag, M.Pd / 0008067506
Abstrak
ABSTRAK Marlina Dude, 2012. Meningkatkan Perilaku Jujur Melalui Teknik Bibliokonseling Pada Siswa Kelas VI SDN 2 Luwoo Kecamatan Talaga Jaya Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I: Dra. Hj. Maryam Rahim, M.Pd. Pembimbing II: Irpan Kasan, S.Ag. M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih terdapat siswa kelas VI SDN 2 Luwoo Kecamatan Talaga Jaya Kabupaten Gorontalo yang kurang jujur. Di antara 20 orang siswa kelas VI, terdapat 6 orang (30%) yang memiliki perilaku kurang jujur. Hal ini ditunjukan dengan suka berkata bohong, bersikap berpura-pura, serta berbuat curang kepada sesama teman. Berkenaan dengan upaya menumbuhkan dan meningkatkan perilaku jujur anak kelas VI SDN 2 Luwoo Kecamatan Talaga Jaya Kabupaten Gorontalo, peneliti memilih teknik bibliokonseling. Adapun tujuan penelitian ini meningkatkan perilaku jujur melalui teknik biobliokonseling pada siswa kelas VI SDN 2 Luwoo Kecamatan Talaga Jaya Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 2 Luwoo Kecamatan Talaga Jaya Kabupaten Gorontalo. Subyek yang dikenakan tindakan adalah siswa kelas VI SDN 2 Luwoo Kecamatan Talaga Jaya Kabupaten Gorontalo dengan jumlah 20 orang yang terdiri dari laki-laki berjumlah 8 orang dan perempuan berjumlah 12 orang. Pendekatan yang digunakan ialah metode penelitian tindakan kelas (PTK), berlangsung 3 siklus yang setiap siklusnya melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian pada siklus I pertemuan 1 menunjukkan 14 dari 20 siswa atau 70% telah memiliki perilaku jujur dengan kategori baik (B) dan pada pertemuan ke-2 meningkat menjadi 15 dari 20 anak atau 75%. Pada siklus II pertemuan 1 dan 2 anak yang memiliki perilaku jujur dengan kategori baik meningkat menjadi 16 dari 20 anak atau 80%. Setelah dilanjutkan tindakan pada siklus III pertemuan ke-1 jumlah anak yang memiliki perilaku jujur dengan kategori baik menjadi 17 dari 20 atau 85% dan pada pertemuan ke-2 meningkat menjadi 19 dari 20 atau 95 %. Dengan demikian indikator kinerja yang ditetapkan telah dicapai yakni 19 dari 20 anak atau 95% siswa memiliki perilaku jujur dengan kategori baik. Dengan demikian disimpulkan bahwa jika digunakan teknik bibliokonseling, maka perilaku jujur siswa kelas VI SDN 2 Luwoo Kecamatan Talaga Jaya Kabupaten Gorontalo akan meningkat, dapat diterima. Kata Kunci: Perilaku Jujur dan Teknik Bibliokonseling
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011