Penulis / NIM
IRAWATI DUKALANG / 111410186
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RENA MADINA, M.Pd / 0022075913
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. MARDIA BIN SMITH, S.Pd, M.Si / 0005125908
Abstrak
ABSTRAK
IRAWATI DUKALANG, 2012. Analisis Perilaku Kurang Terpuji Pada Siswa Kelas VI MIM Sidomulyo Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Rena L. Madina, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Hj. Mardia Bin Smith, S.Pd, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perilaku kurang terpuji siswa kelas VI MIM Sidomulyo Kabupaten Gorontalo.
Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan sumber data siswa 10 orang dan guru 1 orang. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah Teknik wawancara dan dokumentasi, selanjutnya data dianalisis dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, verifikasi dan pengambilan keputusan.Hasil penelitian menunjukan bahwa :terdapat faktor yang mempengaruhi perilaku kurang terpuji siswa.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa siswa kelas VI MIM Sidomulyo memiliki perilaku kurang terpuji. Perilaku kurang terpuji dipengaruhi oleh faktor interen dan exteren. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perilaku kurang terpuji siswa terjadi akibat keadaan diri siswa itu sendiri dan pengaruh lingkungan seperti pergaulan. Guru sebagai pendidik bertanggungjawab terhadap pembentukan karakter anak didik. Dalam hal ini sekolah sebagai wadah dalam pembentukan karakter maka Madrasah Ibtidaiyah sebagai sekolah yang berlandaskan agama maka hal yang dilakukan dalam mengurangi perilaku kurang terpuji siswa yakni menanamkan akhlak mulia dan mengajarkan sifat-sifat terpuji dan teladan yang baik.
Kata kunci: Perilaku, Kurang Terpuji
?
Download berkas